Blogger Gathering: Mobil123 Kenalkan Portal Otomotif No.1 di Indonesia

11 Nov 2015

Suatu ketika teman saya meminta dibuatkan sebuah website atau blog untuk menjual mobil. Teman saya adalah salah satu orang yang dipercaya mengurus sebuah showroom mobil milik bosnya, ia berinisiatif untuk menjual mobil-mobil tersebut via online karena ia sadar bahwa zaman sekarang kalau gak online ketinggalan kosumen.

Bertemulah dia dengan saya. Pertama dia konsultasi tentang dunia online dan segala peluangnya, saya jelaskan panjang lebar sampai dia mabok, karena dunia online itu tak sesempit bermain facebook dan tag-tag-in poto gue dong. Banyak sisi-sisi dunia online yang bisa kita manfaatkan, karena kita sebagai user atau pengguna. Setelah saya jelaskan dan dia paham saya ajukan pertanyaan finishing, “kamu mau jual mobil online yang sudah ada pengunjungnya atau yang belum ada pengunjungnya?”. “ya yang sudah ada pengunjungnyalah!”, jawab dia.

Simpelnya, jika jual mobil yang belum ada pengunjungnya adalah bikin website dari awal tapi kalau sudah ada pengunjungnya – ya kita tinggal bikin akun  dan memanfaatkan fitur-fitur di penyedia website yang mempertemukan penjual mobil dan pembeli mobil, seperti di mobil123.com.

Oke. Jadi niat dia minta dibikinin website gagal. Dan job saya hilang hehe. Tapi gak papa, saya senang sharing pengalaman kok.

Nah ngomong-ngomong soal website jual-beli mobil, beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal rabu, 4 november 2015 saya dan teman-teman blogger reporter Indonesia diundang gathering oleh pihak mobil123.com di Resto Tartine FX Sudirman. keperluaannya apa? Ya jelas kopdar blogger dan menegaskan bahwa website mobil123.com adalah website nomor 1 yang pantas menjadi rujukan beli maupun jual mobil, listing berkualitas, riset dan review kendaraan.

Miss PC Gan selaku country manager mengawali dan menjelaskan profile perusahaan kepada kami, menurutnya pasar Indonesia sangat bagus untuk jual-beli kendaraan baik bekas maupun baru secara online. Apalagi orang Indonesia tidak sedikit yang sudah familiar dengan gadget dan dunia internet. Dijelaskan juga oleh Henny Wijaya Head of sales bahwa website mobil123.com mempermudah para pencari mobil dengan beberapa klik saja sudah mendapatkan banyak informasi tentang kendaraan yang dicari.

 

Mobil123.com merupakan Portal Otomotif No. 1 di Indonesia yang mempertemukan antara pembeli dan penjual di satu platform yang terdiri dari listing berkualitas dan juga riset, review kendaraan. memiliki jumlah listing terbesar di Indonesia dengan lebih dari 200.000 listing kendaraan tersedia dalam database, dikunjungi oleh para pembeli dan pencari kendaraan yang berjumlah 1.5 juta orang yang melihat lebih dari 13 juta halaman per bulannya (Effective Measure Oktober 2014).

suasana blogger gathering. dokpri.

Dalam gathering tersebut ada sesi sharing untuk blogger yang dibawakan oleh Mba Shintaries mengenai safety riding dan Mas Rizky tentang SEO web.

Berkendaraan yang baik dan aman menurut Shintaries adalah dengan melakukan standar-standar berkendaraan, yakni dengan mengenakan sabuk pengaman (seat belt), tidak menelepon saat menyetir, jika tidak dalam keadaan darurat jangan menyalakan lampu hazard dan jangan pernah menggunakan bahu jalan kecuali saat keadaan darurat.

Disesi selanjutnya pembahasan mengenai SEO sangat bermanfaat untuk para blogger. SEO adalah teknik untuk mengoptimalkan sebuah web atau blog agar mudah ditemukan oleh mesin pencari google. Teknik yang dijelaskan oleh mas risky cukup lengkap dan aplikatif bagi seorang blogger awam sekalipun. Diantaranya adalah dengan memperbaiki kualitas on page dan kulitas off page.

Kualitas on page singkatnya adalah dengan membuat konten yang mudah dimengerti jelas lengkap, memberi keyword di postingan maupun alt image, internal linking, template web. Sedangkan Kulitas off page adalah sebuah blog lain memberikan referensi/vote kepada blog kita.

Sesi terakhir pembagagian door prize sekaligus sebagai penutup gathering blogger. Sebuah pertemuan yang bermanfaat, selain kita bisa tahu dimana harus cari mobil maupun jual mobil di website yang terpercaya, kami juga mendapatkan ilmu SEO dan menerapkannya di blog masing-masing.


TAGS mobil123.com otomotif


Comment
-

Author

Follow Me