Serba-Serbi Sambal

20 Dec 2014

Bersyukurlah jadi orang Indonesia. Bangsa yang penuh dengan keragaman adat dan budayanya. Tidak hanya adat budayanya saja melainkan flora dan faunanya pun beragam bahkan tidak disemua daerah ada.

Saking beragamnya orang-orang Indonesia banyak yang cantik dan cantik banget, hehe. Tapi bukan cantiknya yang mau saya certain, melainkan keanekaragaman kulinernya, apalagi kalau bukan sambal.

Buat masyarakat Indonesia, sambal adalah bagian yang tak terpisahkan, di meja makan walaupun sedikit harus ada (walaupun gak semuanya sih), minimal kalau ada semakuk sayur asem, tak cocoklah kalau tak ada sambalnya apalagi gak ada ikan asinnya, hehe.

Saking beragamnya kuliner sambal di Indonesia, sambal punya cirri khas dan nama masing-masing, misalkan sambal terasi, sambal orek, sambal tumpang, sambal kacang, sambal mangga, sambal padang, dan sambal-sambal yang tak bisa disebutkan namanya masing-masing (lho, udah kayak pidato). Bahkan ada juga sambal yang diberi nama dari nama orang.

Kalau saya pribadi sambal bukan menu wajib di meja makan, tapi minimal ada di meja makan (hemm). Bahkan kalau gak ada sambal aku suka bikin sendiri, biasanya aku suka bikin sambal korek, bahannya yang tidak terlalu susah bikinnya pun cuma di giles-giles beberapa kali, dan taraaaa langsung jadi, hehe.

Tapi terkadang aku juga males bikin sih, secara suka kepikiran, “bikin sambal sendiri aja terus, kapan dibikinin sama istri?”. Oke, skip. lupakan.

Berangkat dari kemalasan yang wajar seperti itu, saya jadi kepikiran, kenapa gak beli sambal siap saji aja? walaupun terbilang mahal, minimal kalau saya lagi males, sambal udah tersedia di meja tanpa bantuan istri.

Karena sekarang lagi era “serba tanya-tanya mbah google”, gak salah dong saya coba sercing juga di mbah google. Dan ternyata ada sambal terasi di jual online tepatnya di Cipika, sambalnya itu bukan semacam sambal bubuk tapi sambal yang di goreng terus dikemas kedalam botol.

 

sambal bu majun

Sambal Bu Majun namanya, bukan sambal laila majun lho. Sambal ini saya pesan di cipika (yang gak pakek ribet itu) hari selasa, dan barangnya baru sampai hari ini (sabtu). Cukup lumayan lama sih, karena satu alasan yang logis, di cipika ngirim barangnya itu langsung dari sentra produksi barang yang kita beli, kalau misalkan produksinya dari bali ya ngirimnya dari bali, contohnya ya sambal Bu Jun ini.

Ngomong-ngomong soal raisa (lho), rasa maksud saya. Rasa terasinya kuat dan pedasnya lumayan lah buat hoh hah hoh hah mulut.  Dan yang pasti, ketika saya sedang dirundung malas bikin sambel, syudah ada cipika buat beli sambalnya.

Ada yang suka sambal juga? Yuk ceritaiin serba-serbi sambal menurut kalian?!


TAGS cipika cipika.co id sambal bu majun


Comment
  • Ani Berta 2 years ago

    Praktis, gak perlu ngulek2 ketika ingin sambel :)
    tinggal klik cipika nyampe deh sambel maknyusss yg fresh

-

Author

Follow Me