ICE BSD City

12 Nov 2014

Seiring berkembangnya kebutuhan manusia yang semakin hari semakin meningkat membuat para produsen baik barang maupun jasa harus berfikir keras untuk membuat inovasi-inovasi produknya, selain untuk memenuhi kebutuhan mereka juga memberikan produk yang baru adalah salah satu strategi agar mendapatkan pelanggan setia.

Tapi ketika produk inovasinya itu terlahir dan diperlukan sebuah ruang yang besar untuk grand launching maupun pameran tentunya harus mencari tempat yang nyaman, luas dan mudah diakses oleh para pelanggan.

Rabu, 29 Oktober 2014 saya dan teman-teman blogger mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung “calon” area dan gedung pameran atau bahasa kerennya Convention and Exhibition yang megah dan luas se-Indonesia bahkan se-asia tenggara.  Kenapa calon? Karena gedung yang saya kunjungi masih seperti ini…

Ya itu adalah salah satu ruangan yang sedang dibangun, mungkin tahun depan sudah bisa digunakan. Tapi, ngomong-ngomong sejenis raksasa apakah itu? Adalah ICE (Indonesia Convention Exhibition) namanya. Terletak di jantung kota BSD City, ICE memiliki 10 ruang pameran, 29 meeting rooms, parker yang luas,  Hotel bintang 3, lokasi yang ramah lingkungan, banyak tamannya, dan masih banyak lagi.

Di ICE ini tidak hanya untuk pameran saja, malainkan untuk kegiatan konser besar juga bisa, dan artis-artisnya tidak perlu cari hotel lain karena di ICE sendiri sudah terdapat hotelnya. Yang pasti ICE dalam hal service, site, dan maintenance sudah berstandar international.

Dan satu lagi yang bikin saya kagum. semua bangunan yang tertancap di muka bumi ini dimasa sekarang dan masa yang akan datang harus berkonsep “environmental sustainability” yakni kelestarian lingkungan, ramah lingkungan, bersahabat dengan lingkungan. Lalu apa saja penataan-penataan konsep ramah lingkungan di ICE sendiri?

Dari site plan ini sudah terlihat, bagian-bagian mana saja yang sudah ditanami pohon-pohon hijau besar, pohon ini selain untuk memproduksi oksigen juga bikin sejuk ICE, menahan terik matahari.

Lokasi yang dipilih ICE sudah tepat, yakni BSD City. Apalagi lokasinya sudah ditata rapi oleh pengembang sinarmasland, banyak pohon-pohon dan taman-taman disekitar ruas jalannya.

Selain saluran air yang sudah baik, disekitaran ICE juga terdapat banyak sumur resapan. Juga terdapat kolam-kolam untuk menahan panas dilokasi ICE. ICE juga memanfaatkan kaca laminasi sebagai sumber pencahayaan ruangan disiang hari, walaupun demikian suhu didalam ruangan tetap dingin dan tidak boros di system pendingin ruangan karena kacanya dan atap yang terbuat dari insulasi alumunium mampu menjaga kestabilan suhu ruangan. Dan satu lagi. Lighting seluruh ruangan menggunakan teknologi lampu LED. Jelas ramah lingkungan ini.

 

image: koleksi pribadi

video: ice bsd 

 


TAGS ice bsd city exhibition convention


Comment
-

Author

Follow Me