Cuma Isi 9 Field Sudah Bisa Buka Rekening

5 Nov 2014

Mengajak orang untuk gemar menabung tak segampang mengangan-angan wajah gebetan, apalagi di Indonesia orang-orang kelas middle class tumbuh dengan pesat, mereka justru gemar membeli, entah membeli keperluan pribadi seperti gonta-ganti gadget atau membeli keperluan bersama seperti nongkrong sambil ngopi-ngopi cantik di café.

 

Orang-orang middle class ini sebenarnya adalah sasaran empuk target calon nasabah bagi para pengelola bank, jika mereka di edukasi dan diberi kemudahan untuk membuka rekening bukan tidak mungkin mereka akan tertarik untuk menabung.

 

Orang-orang middle class juga memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, mereka serba ingin cepat, instan dan mudah hanya dengan mengusap-usap gadget mereka. Waktu adalah barang yang berharga bagi mereka, maka dari itu sepertinya tidak banyak yang ingin bersusah payah membuka rekening dengan mendatangi bank, menunggu antrian panjang dan mengisi form pendaftaran yang cukup melelahkan tangan.

 

Ternyata ada salah satu bank yang bisa menjawab tantangan diatas, adalah Bank Sinarmas yang sudah berdiri sejak tahun 1989 dan memiliki 380 cabang di 120 kota di Indonesia. Informasi ini saya dapatkan dari undangan #DBGhatering 25 oktober 2014 yang diadakan oleh pihak bank sinarmas kepada para blogger di Luna Negra, Plaza Bapindo Citibank Tower, GF.

 

Bank sinarmas seperti tahu inovasi seperti apa untuk menjawab tantangan diatas, yakni dengan Digital Banking nya. Tingkat mobilitas yang tinggi dipecahkannya dengan mendaftar “buka rekening” secara online bisa lewat PC maupun gadget jadi tidak perlu datang ke kantor cabang bank, sedangkan persoalan pengisian form buka rekening jika mendaftarnya manual kurang lebih 40 field wajib diisi kini oleh sinarmas diringkas menjadi 9 field saja!

 

Terobosan yang luarbiasa.

 

Lalu bagaimana cara buka rekening sinarmas yang semudah ini?

 

Kebetulan saya adalah korban buka rekening sinarmas secara online. Dan Alhamdulillah lancar jaya.

 

Sebelumnya siapkan terlebih dahulu:

    • Gadget atau PC

 

    • Akses Internet

 

    • Token e-banking untuk transfer saldo pertama atau via ATM juga bisa

 

    • Softcopy hasil scan KTP

Dan pahami dulu alur registrasi secara global, hanya 4 steps saja!

 

 

 

 

Mari simak, tutorialnya!

 

1) Buka website bank sinarmas lalu cari gambar seperti ini 

 


, klik “Buka Rekening Online”.

 

2) Maka akan muncul halaman yang menjelaskan layanan fasilitas apa yang akan didapat.

 

 

 

 

Selain layanan fasilitas diatas, saya dapat tambahan informasi lebih lengkap saat #DBGhatering kemarin, yakni:

    • Biaya administrasi FREE Rp. 0,-

 

    • Dilengkapi dengan Token Simaskey (gratis)

 

    • Memiliki lebih dari 5.000 Merchant di seluruh Indonesia

 

    • Registrasi Internet Banking dan Mobile Banking cukup melalui mesin ATM Bank Sinarmas

 

    • Fasilitas pembayaran tagihan menggunakan online banking

 

    • Pembukaan rekening online (tabungan & deposito)

 

    • Kartu ATM Bank Sinarmas sebagai discount card di merchant-merchant SimasCard

 

    • Transaksi belanja online (e-commerce) melalui Internet Banking*

3) Lalu jangan ragu klik tulisan “Registrasi” atau baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan e-form (linknya tepat dibawahnya) sebelum klik registrasi. maka setelah klik registrasi akan muncul halaman e-form seperti ini:

 

 

Isi 9 field dengan baik dan benar. Lalu checklist syarat dan ketentuan sebelum klik “kirim form aplikasi”.

 

4)  Setelah selesai kirim formnya, sekarang cek email untuk masuk ke step 2. Kalian akan mencapatkan virtual account dan diwajibkan transfer setoran awal sebesar 50 rebu.

 

 

Transfernya bisa melalui e banking atau ATM. Atau bagi yang belum pernah punya rekening di bank manapun bisa dating ke kantor cabang terdekat atau kalau males, pinjem ATM temenlah. Ihihihi.

 

5) Setelah transfer, maka kalian akan menerima notofikasi email seperti ini.

 

 

Setelah terima notif, maka masuk ke step 3 yakni proses kelengkapan dokumen oleh petugas sinarmas. Kalau sesuai pengalaman saya, kita akan di telpon mba-mba CS nya untuk menentukan tempat pertemuan dengan petugasnya. Bagi orang-orang middle class yang suka ngopi-ngopi cantik tentunya sama sekali gak kerepotan dengan cara ini. Karena tempat, waktu dan hari ditentukan oleh nasabah. Enak kan?

 

Saat petugas sinarmas datang, petugas akan memverifikasi dan kelengkapan dokumen serta memberikan ATM dan PIN mailer, seperti punya saya ini.

 

ATMPIN mailer

 

Jangan khawatir petugasnya garang, karena sesuai pengalaman saya petugasnya ramah, murah senyum, enak diajak ngobrol, kebetulan orangnya berasal satu kota dengan saya, yakni kota magelang, hehe.

 

 

undefined

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6) setelah proses ngopi-ngopi cantik dan kelengkapan dokumen tinggal step ke 4, yakni menunggu aktivasi ATM.

 

Kalian akan menerima email yang berisi nomor rekening resmi dan link aktivasi ATM, seperti gambar berikut:

 

 

7) Selesai.

 

Praktis dan mudah bukan?

 

Kalau dicermati buka rekening di sinarmas ini sangat meng-sekarepmu-kan calon nasabah. Calon nasabah yang gak ingin ribet isi field banyak-banyaklah, yang gak mau datang ke banklah, yang gak mau antri panjanglah, dan maunya sinarmas yang datangin calon nasabahnyalah, pokoknya yang egois-egoislah. Ahaha.

 

Tapi toh, sinarmas bisa menjawab tantangan keegoisan calon nasabah. Ini bukan memanjakan, tapi mempermudah calon nasabah untuk bergabung dan gemar menabung.

 

Pasti timbul pertanyaan, kenapa tidak diberi buku tabungan?

 

Ya benar, memang tidak diberi buku tabungan, karena tabungan sinarmas ini termasuk kategori Tabungan Statement yakni semua transaksinya gak perlu repot-repot membawa buku tabungan.

 

Karena kepraktisan inilah lahirlah tabungan statement. semua aktivitas yang memerlukan mobilitas tinggi juga bisa diakses melalui si mobi, si mobi adalah layanan mobile banking. lebih lengkapnya bisa baca disini

 

Saat #DBGhatering berlangsung juga diterangkan layanan internasional yang bakal didapatkan, yakni layanan CUP (China Union Pay). apa itu CUP?

 

 

CUP adalah satu-satunya organisasi kartu kredit domestik di Republik Rakyat Tiongkok (RRT), di China sendiri sudah bekerja sama dengan lebih dari 2 juta Merchant dan lebih dari 3 juta POS (EDC) 300 rb-an ATM. 

 

Bisa apa aja layanan fasilitas ini?

    • Dapat digunakan untuk bertransaksi belanja di jutaan merchant CUP di seluruh dunia.

 

    • Dapat digunakan untuk bertransaksi di > 2 juta merchant dan 300 ribu ATM di Tiongkok

 

    • Kartu ATM/Debit Union Pay Bank Sinarmas juga terkoneksi ke seluruh jaringan ATM di Indonesia (ATM Bersama, Prima, ALTO serta Prima Debit/Debit BCA)

 

    • Tingkat akseptasi yang sangat tinggi di Tiongkok, sehingga memudahkan nasabah yang sering berpergian ke Tiongkok untuk bertransaksi belanja di EDC maupun tarik tunai dan cek saldo di ATM.

 

    • Memperoleh fasilitas “travel mate”, sehingga pemegang kartu ATM/Debit Union Pay Bank Sinarmas dapat mengikuti berbagai promo dan diskon yang diberlakukan oleh merchant-merchant Union Pay.

 

Sungguh makin mudahnya dunia ini digenggam dalam satu kartu. tapi saran saya sih, tetep hemat yaaaa!

 

Di sinarmas sendiri masih banyak layanan-layanan yang gak kalah oke, sebut saja seperti layanan Investasi. produk-produk investasi pun beragam: 

 

Bancaasurance

 

Adapun sub-produknya adalah:

 

 

 

Reksadana

 

Sedangkan untuk reksadana ada:

 

 

 

Saham

 

Saya ulangi lagi, bank sinarmas adalah satu-satu bank yang memudahkan para calon nasabah untuk bergabung bersama mereka. salah satunya bank yang orientasinya terus kepada pelanggan, mereka sudah menerapkan “jemput bola” dan memberikan berbagai layanan yang sangat menguntungkan bagi nasabahnya.

 

Setelah diskusi di #DBGhatering saya jadi mantab ingin mengembangkan finansial saya di bank sinarmas, karena tidak hanya soal menyimpan uang saja tapi di bank sinarmas saya bisa ikut berinvestasi, demi masa depan saya lebih cerah.

 

Jadi tunggu apalagi. usap-usap gadget (registrasi, buka rekening) kalian lalu jadilah nasabah tabungan bank sinarmas sekarang juga!


TAGS bank sinarmas sinarmas sinarmas online


-

Author

Follow Me