Mudik Aman Ala Garda Oto

7 Jul 2014

dokpri

dokpri

Tahun kemarin Garda oto sama Blogdetik ngadain #NgaBLOGburit offline dan tahun ini mereka juga ngadain lagi, tepatnya minggu, 06 juli 2014 bertempat di Ground Floor Kuningan city. Dengan mengusung tema Garda Oto Holiday Freestival.

Acara yang dikemas semenarik ini dihadiri oleh banyak komunitas, baik dari komunitas otomotif seperti Toyota agya club, Panther mania, sedangkan komunitas blogger seperti detik blogger, kompasianer, emak-emak blogger dan masih banyak seperti member garda oto maupun para pengunjung kuningan city yang ikut bergabung.

Ini adalah salah satu tour garda oto holiday freestival selama 2 bulan dari 1 juli sampai 31 agustus. Dimana garda oto menggandeng 4 mall ternama diantaranya Kuningan City, D’mall(Depok), Cipinang Indah Mall, dan Bellezza Shopping Arcade.

Dan Kebetulan kemarin sedang diadakan di kuningan city. Disana dijelaskan bahwa pengunjung yang belanja sebesar Rp 250.000 (tidak berlaku kelipatan) akan mendapatkan Garda Oto Xperience Card (GOXC) yang bisa diambil di gerai Garda Center empat mall tadi.

Fasilitas atau layanan yang akan didapat dengan kartu GOXC ini banyak, seperti mengatasai aki bermasalah, ban kempis, dan berbagai gangguan mesin. Semua layanan bisa di dapat selama 24 jam dan yang terpenting layanan ini GRATIS.

Sepertinya jelas gak rugi belanja 250 ya? Dapet belanjaan + layanan garda oto. Tapi sayangnya saya pribadi belum punya mobil, jadi bisa punya kartu GOXC.

***

Selain itu yang tidak kalah penting, ada session sharing tentang safety driving untuk mudik yang aman. Ada Bapak Marcell Kurniawan (Training Director dan Owner of RDC-The Real Driving Centre - Garda Oto) yang menjelaskan panjang lebar dan jelas.

Dimana mudik adalah acara tahunan menjelang hari raya idul fitri. Orang berbondong-bondong pulang dari kota metropolis ke desa mereka masing-masing menggunakan berbagai moda transportasi, dari sepeda motor, mobil pribadi sampai peswat terbang.

Mudik idektik dengan kemacetan dan rawan kecelakan. Menurut Marchell, data kecelakan tahun 2012 jumlah kasus kecelakan ada 4.933. 900 diantaranya tewas dan sisanya luka ringan dan berat.

Tidak lain penyebab kecelakan itu yang paling utama adalah factor pengemudi itu sendiri yaitu Kurangnya kesiapan, persiapan, pencegahan, kelengkapan, dan kewaspadaan.

image blogdetik

Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi harus tahu penyebab utama kecelakan seperti paragraph diatas. Maka dari itu menurut Marchell pemudik harus tau formula standar pencegahan kecelakan. Marchell menyingkatnya jadi OKE (O: Observasi terlebih dahulu sebelum mudik. K: Kenali tingkat resiko yang mungkin terjadi dan kenali cara antisipasi yang aman. E: Eksekusi apa yang harus dilakukan, setelah mengenali resiko dan cara antisipasinya diwaktu yang tepat.)

OKE Fisik dan Psikis.

Sebelum mudik fisik dan psikis harus prima. Tidak boleh ketika sedang kelelahan atau sakit dipaksain mengemudi atau sedang banyak masalah, stress memaksakan untuk mudik. Sangat dilarang.

Marchell menjelaskan bahwa, perjalanan mudik yang jauh dan macet menyebabkan fungsi fisik dan psikis terganggu apalagi ditambah ada sebagian pengemudi yang memaksakan tetap berpuasa (padahal ada ruhsyoh a/ dispensasi). akibat memaksakan tetap berpuasa itu maka pengemudi mengalami dehidrasi tinggi, gula darah rendah dan reaksi lambat yang menyebabkan lelah, kecapean, tidak sabar, pusing, kehilangan konsentrasi, gampang marah dan mengantuk. Inilah salah satu yang menyebabkan kecelakan.

Maka diperlukan manejemen kelelahan saat mudik. Menejemen itu diantaranya adalah:

  • Tidrurlah 10-45 menit sebelum mudik
  • Jangan makan terlalu banyak karbohidrat saat sahur
  • Mulailah perjalanan lebih awal
  • Jangan mengemudi setelah sahur karena tubuh akan merespon dengan menjadi lelah dan mengantuk
  • Tetap fit dan lakukan olahraga ringan dimobil
  • Istirahatlah setiap 2 jam atau setiap 240 KM
  • Hindari mendengarkan musik dengan beat yang berulang-ulang saat mengemudi
  • Waspada terhadap panas matahari, dehidrasi dapat mengganggu psikis
  • Membawa pengemudi cadangan
  • Jadilah lebih sopan dan sabar saat mengemidi

OKE kendaraan

Selain si pengemudi yang harus di “service” untuk kesiapan mudiknya, kendaraan juga harus diperhatikan. Marchell menekankan penjelasan pada TWI (Tread Wear Indicator) dan TAB (Tekanan Angin Ban). TWI terdapat pada alur telapak ban, jika telapak ban sudah menyentuh TWI, maka ban sudah tidak layak dan harus segera diganti demi keamanan saat berkendaran jauh.

TAB harus disesuaikan dengan spesifikasi dipilar pintu kanan, tekanan yang tidak sesuai dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara dan konsumsi bahan bakar. Ban yang terlalu banyak angin tidak baik dan terlalu kurang jauh lebih tidak baik.

Buat Rencana Perjalanan

Cari referensi rute mudik yang nyaman dan terbaik. Sekarang sudah ada fitur itu di google maps, ini sebagai salah satu referensi dan harus dibandingkan dengan referensi lainnya seperti bertanya dengan yang sudah berpengalaman mudik, karena google maps gak selalu tepat.

Tentukan tempat untuk istirahat. Pilihlah tempat yang nyaman, tidak sepi dan tidak terlalu ramai. Karena kejahatan ada dimana-mana. Waspadalah.

Dan buatlah rencana B. atau sampai C. karena tahu sendiri, kalau mudik sepanjang jalan pasti macet. Jangankan Pantura, di pintu masuk dan keluar TOL saja antrinya bisa 4 jam lebih.

On Road Inspection

Jangan mentang-mentang sebelum mudik sudah disservice jadi sepanjangan perjalanan mudik santai-santai saja. Marchell memberikan rumus on road inspection dengan singkatan; Rasakan-Dengarkan-Cium-Lihat. Rasakan perubahan respon kendaraan terhadap jalanan.Dengarkan suara yang tidak beres/biasanya.Cium bau yang tidak biasa yang mengindikasikan kerusakan.Lihat setiap indikator meter dan bagian-bagian kendaraan dan juga keamanan kargo.

OKE dijalan

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat dijalan

  1. Jangan mengemudi sambil nelpon apalagi sms-an.
  2. Pasang sabuk pengaman.
  3. Patuhi peraturan lalu lintas
  4. Selalu bersikap positif thinking
  5. Stop Tailgating. Jarak amannya adalah minimal ban mobil yang ada di depan mobil kita kliatan.
  6. Mind your blind spot!

Marchell juga mewanti-wanti, kalau mudik membawa anak sebaiknya anaknya ditaruh di bangku tengah, jangan didepan. Saat anak (misal balita) dipangku dan sudah dipegang oleh ibunya, tetap saja berbahaya, karena ketika mengerem mendadak disaat kendaraan laju dengan kecepatan 25 KMkm/jam, kemungkinan besar balita bisa terlepas dari tangan ibunya. Ini serius.

Sangat banyak point-point penting pemaran safety driving dari bapak marchell. Begitu pentingnya safety driving sampai-sampai anak jangan ditempatkan didepan atau samping pengemudi. Selain itu, rasanya tidak sempurna jika safety driving ini tidak dijamin dengan asuransi mobil, karena dengan mengasuransikannya kepada garda oto kita bisa tambah merasa aman, nyaman dan tenang saat perjalan mudik.

Selain sharing session dari bapak marchell, garda oto juga membagi-bagikan hadiah. Tidak tanggung-tanggung, ada 18 hadiah, mulai dari belasan voucher makan barang elektronik seperti home theater.

Ngablogburit offline tahun ini diakhiri dengan berbuka bersama, sambil ditemani oleh live music dan bagi-bagi hadiah yang dilakukan dengan lucky draw yang membuat suasana jadi deg-deg-an.

dokpri - live music

dokpri - live music

983deb39f2b31e1bae8a338dc82fd768_ttttt

bagi takjil

34fe0c40f9eb4eb92b900b940308b0f1_20120101_202606


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me