BBM Datang, Whatsapp & Line Panik

22 Oct 2013

Rupanya CEO BlackBerry, Thorsten Heins berhasil membuat para user android penasaran, satu bulan setalah gagalnya release tanggal 21 september lalu tak banyak user yang dibuat kecewa, akhirnya mereka berbondong-bondong mengunjungi google play dan play store hari ini hanya untuk download bbm.

e503146715c845e1c4b97661b4cadec7_bbm

Di google play Indonesia, secara resmi Blackberry limited mengunggah bbm for android pada tanggal 21 oktober 2013 tapi baru bisa didownload pagi ini tanggal 22 oktober 2013 bersamaan dengan beberapa notifikasi email masuk dari blackberry ke semua pelanggan yang dulu telah mendaftar update-an dari pihak bbm. Dan saya sendiri baru mendapatkan email pemberitahuan dari blackberry pukul 07:40.

Saya pribadi sempat dibuat penasaran dengan “gaya marketing” blackberry limited ini. Dulu bbm dibangga-banggakan sebagai fitur messaging ekslusif di devicenya yang tak tertandingi, pertengahan tahun kemarin beberengan dengan peluncuran devicenya Q10 di Orlando, AS bbm secara resmi akan diluncurkan disemua os platform dan ketika akan direlease pada 21 September seakan-akan ada kejadian “drama marketing” yang terselubung yakni gagal realese karena kurang siapnya server dan masih banyaknya bug diaplikasi, entah mana yang benar, bisa jadi saat itu blackberry sedang menarik seberapa besar animo user terhadap peluncuran bbm, alhasil memang besar animo user yakni kurang lebih 1.1 juta yang sudah download bbm versi .apk. Dan hari ini, blackberry limited secara resmi sudah merelease bbm for android dan ios. Animo user semakin menjadi-menjadi karena bbm for ios sendiri sempat jadi topchart di play store dalam waktu beberapa jam saja.

Menurut saya gaya marketing blackberry ini sangat efektif mengingat kondisi financial blackberry yang sedang terpuruk, faktanya walaupun bbm bisa dikatakan “telat” merambah all platform tapi blackberry sukses menarik animo user untuk mencoba aplikasi messaging yang pernah dibangga-banggakan didevicenya ini.

Saya jadi menduga-duga, gak mungkin hari ini para dedengkot whatsapp dan line bisa tidur siang dengan nyenyak dan bahkan bisa jadi ini mimpi buruk bagi mereka. Mereka pasti terus menganilis pergerakan bbm all platform hari ini sampai satu bulan kedepan. Sebelum akhirnya membuat sebuah gebrakan baru agar user mereka tidak lari ke bbm. Ini lucu.

Tapi itulah dunia marketing. Banyak trik dan intrik agar bisnis mereka bisa diterima masyarakat.

Untuk bbm, selamat datang didunia barumu. whatsapp dan line jangan panik bro. tetep woles.

bagi yang belum donlot silakan searching di google play dan play store “blackberry limited” atau “bbm”

untuk persiapan bagaimana cara menggunakannya lihat postingan saya sebelumnya


TAGS bbm for android download bbm for android


-

Author

Follow Me