Tips Menahan Hawa Nafsu

15 Jul 2013

fd2c57e33c384934a4197bcbab8865d8_nafsu

Apasih Hawa Nafsu?

Banyak yang kalau denger kata hawa nafsu pikirannya langsung ke videoXXX[dot]com, ya taulah kalian apa maksudnya, pokoknya berurusan dengan kebutuhan biologis manusia. tapi memang itulah manusia, soal urusan biologis manusia nomor satu, apalagi saat laki-laki liat cewek berjalan pakek rok mini matanya udah mau copot seakan matanya mau meng-glinding ngikutin roknya. Kalau cewek udah kumpul sesama cewek udah gak tahan mau ngomongin kelelakian lelaki, eh maksudnya yang diomongin tentang laki-laki. Itulah sebagian dari contoh hawa nafsu yang mudah kita temui.

Tapi kalau kita telaah lebih dalam lagi hawa nafsu itu apa sih? (diawal udah Tanya, skg Tanya lagi)

Hawa Nafsu: terdiri dari 2 kata. Dalam Al-Quran hawa adalah Al-Hawa dimana artinya “kosong” (dalam QS. 41: 43), “turun” (dalam QS. 53: 1), “hancur” (dalam bentuk kata ahw, seperti dalam QS. 53: 53), dan “jurang neraka” (dalam konteks frase dalam QS. 101: 9). Bukan berarti yang sering kita dengar hawa itu adalah hawa sebutan seorang/kaum wanita/hawa saja tapi hawa itu banyak maknanya, tapi kebanyakan sih laki-laki terpancing hawa nafsunya gara-gara hawa/wanita apalagi yang cihui aduhai. Hemm.. Dasar laki-laki.

Kemudian kata yang kedua Nafsu atau dalam bahasa arab Nafs yang berarti (diri sendiri/dalam diri). Jadi bisa disimpulkan Hawa nafsu itu adalah kosong diri? Turun diri? Jurang neraka sendiri? (krik…krik…krik)

Bukan itu. tapi maksudnya adalah, Hawa Nafsu merupakan keinginan diri yang datang dari diri (nafs) dimana keinginan macam ini bisa membuat hancur dirinya sendiri bahkan orang lain dan yang pasti Hawa Nafsu adalah perbuatan yang SANGAT DIBENCI Allah SWT. Hanya karena tidak bisa mengendalikan hawa nafsu, misalnya; para pejabat korupsi, jelas hal ini merugikan diri dan orang banyak, para pecinta yang ditolak cintanya lalu marah (marah juga termasuk hawa nafsu tingkat terendah) kemudian dukun bertindak, jelas hal ini tindakan menyekutukan Allah. Contoh lain masih banyak, termasuk lelaki yang ditampar panci gegara liat sesuatu “yang besar” pada wanita.

Astaghfirullah. ditampar panci, kasiyan. .___.

Jika hawa nafsu adalah datang dari keinginan diri,apa saja sih perbuatan yang termasuk hawa nafsu itu? Banyak, hawa nafsu yang datang dari mata saja bisa ribuan keinginan hawa nafsu dan belum anggota badan yang lain. Tapi yg termasuk perbuatan hawa nafsu bisa dibagi menjadi 8 sebab yaitu 1. Sebab Mata, 2. Sebab Telinga, 3. Mulut, 4. Perut, 5. Pikiran, 6. kebutuhan biologis, 7. perasaan, 8. Hati.

Jika kedelapan penyebab itu dipergunakan dan difungsikan untuk yang tidak-tidak maka muncullah perbuatan yang termasuk hawa nafsu, misalnya ngerumpilah, ngomongin aib oranglah, melihat dan mendengar yang jorok-joroklah, dan masih banyak lagi.

Tentu di bulan Ramadhan ini hal-hal yang berbau hawa nafsu seperti diatas HARUS DIHILANGKAN dari dalam diri manusia. Yah kalau gak bisa menghilangkan sedikit demi sedikitlah.

Lalu bagaimana cara agar kita tidak terjerumus kedalam perbuatan hawa nafsu yang laknatullah itu?

Jawabannya adalah: MENAHAN DIRILAH DARI HAWA NAFSU.

The End, selesai. Semoga bermanfaat. :)

……

………

Pasti pada ngira udah selesai ya postingannya? Hahaha padahal kan belom!

Diataskan aku lagi ngelucu lewat tulisan. Tapi jatohnya malah kliatan Garing ya? garing?? Hemm…..

Oke deh langsung saja Tips MENAHAN HAWA NAFSUnya dibulan Ramadhan ini dan semoga gak Cuma dibulan ramadhan saja tips ini dilakukan tapi dibulan2 selain ramadhan, amin.

  1. Jaga mata kita dari hal-hal yang berbau menimbulkan syahwat dalam diri. Misalkan, melihat kucing lagi kawin. Maka SEGERALAH Istighfah, karena dengan istighfar akan lebih menenangkan diri dan insyaallah diampuni dosa-dosa kita.
  2. Perbanyaklah Dzikir, dzikir adalah mengingat Allah. Ketika kita akan melakukan perbuatan hawa nafsu insyaallah Allah akan menjaga kita dari perbuatan itu dengan cara kita langsung mengingat-Nya dan tidak jadi melakukan perbuatannya.
  3. Hindarilah membicarakan orang lain terutama soal AIB nya. Mending diam daripada ikut bicara. Jadi kalau ada yang bicarain/ngerumpiin aib aku karena blog ini mohon Tahanlah Hawa Nafsu kalian sesuai tips ini.
  4. Menahan Marah. Bagaimana caranya? Pertama gak usah dijawab/ditanggapi mending kamu dengarkan saja dia ngomong seperti apa. Sebagai pelampiasannya kamu dzikir dan istighfar kepada Allah lalu update status ditwitter, IYA-IN AJA BIAR CEPET.
  5. Rajinlah Berolah raga!, yup dengan berolah raga maka pikiran-pikiran kotor akan jauh dari kita dan hal ini sesuai dengan pepatah Didalam raga yang sehat terdapat Jiwa yang Kuat, yakni jiwa kita kuat menahan hawa nafsu karena berfikir kotor adalah perbuatan tidak sehat, justru berfikir kotor adalah penyakit, penyakit hati.
  6. Berhentilah berbicara yang kotor, seperti anjing dan kawan-kawannya. Karena kalau tidak ditahan hal ini akan semakin memperkuat nafsu amarah yang berdampak pada perbuatan fisik yang terbilang perbuatan kasar. Seperti memukul, menjotos, meninju, dan mencium.
  7. Dibulan Ramadhan ini perbanyaklah membaca Al-Quran dan shalat-shalat sunnah lainnya, sebab ibadah ini adalah BENTENG UTAMA dalam menahan hawa nafsu.
  8. Berdoalah seyakin-yakinnya kepada Allah agar kita dijauhkan dari perbuatan hawa nafsu dan diberi kekuatan agar bisa menahan hawa nafsu yang laknatullah.

Semoga tips menahan hawa nafsu diatas bisa bermanfaat bagi yang membaca postingan ini, termasuk penulisnya yang masih banyak perbuatan-perbuatan hawa nafsu.

Mari kita sama-sama melawan hawa nafsu dibulan Ramadhan ini, semoga berkahnya bisa kita rasakan sampai setelah bulan ramadhan ini usai, yakni dengan selalu menjaga kita dari perbuatan-perbuatan hawa nafsu. Amin.


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me