Ayo Belajar Linux !

4 Jun 2012

607a90d70beb3717a150b63dc7de9839_artikellinux

Hey Pembaca, untuk pertama kalinya aku pengen membahas tentang Linux, Oke tapi sebelumnya aku anjurkan agar kalian mencari Mood agar membaca Tulisan ini bisa sampai di akhir tulisan,Penting. Karena bagi yang baru dengar Linux biasanya akan bosan tapi bagi yang udah kenal linux bisa membacanya lagi,semoga bermanfaat.

Apa itu Linux? Ya benar sekali! sebaiknya kalian mencarinya di Wikipedia dan situs lain karena ku gak perlu menjelaskan secara terperinci dari kemunculannya dipermukaan bumi sampai dikenal sekarang ini, kalau dijelaskan disini tulisannya bakal satu Rim hvs toh aku kan intinya mau mengajak kalian Belajar Linux? :D

Jadi pada intinya Linux adalah sebuah Operating System (OS) sama halnya dengan OS Windows 7,XP,Vista dan lain-lain yang dijalankan pada sebuah komputer.

Linux itu biangnya dan karena sifatnya bisa dikembangkan (open source ) maka ada beberapa OS yang berbasis linux atau biasa dikatakan Distro, seperti ubuntu, openSuse, Blankon dll (kurang lebih mencapai 100 distro).stop.

Canonical salah satu Vendor dari Linux telah mengklaim bahwa Ubuntu (OS berbasis linux yang dikembangkan oleh Canonical) telah di install kurang lebih 12 juta oleh pengguna Komputer pada Tahun 2010, noted. Itu dua tahun yang lalu dan hanya OS Ubuntu saja yang diketahui, aku yakin banyak yang Jago Linux yang memakai selain ubuntu seperti Blankon, Nusantara, Redhat, mandriva dan lain-lain. Dan tentu kalau dijumlah total ditahun 2012 ini pengguna linux bisa dua bahkan tiga kali lipat dari tahun 2010. Walaupun OS Windows masih mendominasi dikomputer PC, laptop dan netbook .

Oke sip, perkenalannya sudah jelas. Sekarang kenapa se aku mengajak kalian agar belajar Linux? Karena aku pengen kalian Jago Linux (bikin soal sendiri, Jawab soal sendiri,hahaha) dan jika aku tanya Kenapa kalian tidak menggunakan OS berbasis Linux? Tentu, Banyak alasannya. Mulai dari ke-awam-an mengenali Linux sampai cara mengoperasikan OS berbasis Linux itu sendiri. Dan berbagai elemen pengguna OS-pun berbeda alasan satu sama lain. Berikut ulasannya:

Pelajar (SD-SMA)

Mereka biasanya dari kecil sudah dibiasakan mengoperasikan OS windows baik dirumah maupun di Sekolah, jadi mereka tidak terbiasa dengan tampilan, cara Mengoperasikan OS linux dan aplikasi-aplikasi didalamnya seperti office (word,excel,presentasi,dll), photo editor dan lain sebagainya.

bf9c9ea52d7eb84e7fbe22e1947c4e3b_artikellinux2

Bagi Pelajar, harusnya penting sekali mengenal Linux sejak dini, sebab jika pengetahuan Linux sudah diterapkan dalam pelajaran TIK bukan tidak mungkin kelak mereka tahu bahwa teknologi-teknologi yang berkembang pesat seperti sekrang ini adalah kebanyakan berbasis Linux. Dan itu modal dasar bagi mereka untuk mengembangkan teknologi kedepannya.

Untuk mengembangkan skill mereka agar menjadi Jago Linux sebenarnya tidak cukup untuk menimba ilmu dari sekolah saja, perlu pelatihan dan pemahaman yang mendalam. Tentu sebaiknya skill mereka harus diasah di suatu lembaga pendidikan yang sudah professional dalam dunia linux seperti di Lembaga Pelatihan Nurul Fikri (Kuliah IT Nurul Fikri)

Karyawan dan Orang awam

Orang awam yang tidak paham IT dan Karyawan administrasi misalkan, sebenarnya kasusnya sama seperti alasan pelajar diatas, yaitu tidak terbiasa mengoperasikan OS linux, dan mereka tidak mau ribet, ini adalah alasan kuat bagi mereka (gak mau ribet). Sebetulnya justru mereka yang harus menggunakan OS berbasis Linux. OS berbasis Linux itu tidak ribet dan mudah digunakan.

Gak mau ribet dalam artian bahwa Karyawan dan orang awam pada dasarnya mereka sangat membenci Virus Komputer karena takut data-data penting mereka hilang begitu saja dan selanjutnya komputer tiba-tiba hang dan rusak. Kalau mereka menyadari bahwa Linux adalah solusinya, mereka bakal memilih OS berbasis linux dengan senang hati akan diinstall di komputer mereka. Karena sudah Jelas Linux kebal dari Virus, kalau pun ada, Virus itu tidak akan berkembang alias tidak akan merusak file dan data yang lain. Disebabkan model system Linux adalah Hirarki dan setiap foldernya memiliki hak akses.

Belum lagi kalau mereka (Karyawan dan orang awam yang memakai OS windows) dihadapkan dengan Uninstall Operating System (install ulang OS-nya) yang disebabkan berbagai hal, yah salah satunya Virus itu. Pasti mereka bakal kerepotan yaitu menginstall satu persatu. Menginstal drivernya lah, Office (word,excel dll) lah, aplikasi akuntansinyalah, Aplikasi Photo editornyalah. Ribetkan? Tapi kalau memakai OS berbasis Linux semua kebutuhan sudah menjadi satu dalam CD/DVD itu. Mudahkan?

Mahasiswa

Mahasiswa yang selain jurusan IT mungkin sedikit banyak bisa aku samakan alasannya dengan para karyawan yaitu takut data-data penting kena virus dan sebagainya, juga ditambah tuntutan beberapa aplikasi komputer untuk mendukung perkuliahannya yang hanya support dengan OS Windows. Tapi kalau Mahasiswa yang jurusannya IT justru alasannya sepele, hanya karena malas atau memang mereka hanya tidak mau bereksperimen dikarenakan mengikuti materi dan praktek selama perkuliahan yang dimana tidak menggunakan OS/Software berbasis Linux . Iya, masih ada lho Kampus yang lab komputernya berbasis windows dan aplikasi-aplikasi yang hanya support dengan windows.

04b0455efe326ea857736ae62a989434_artikellinux3

Hal seperti inilah yang membuat dilema bagi Mahasiswa jurusan IT, kalau dari jaman Pelajar (sd-sma) sudah diperkenalkan dengan linux mungkin dari awal mereka masuk perkuliahan sudah menggunakan OS berbasis Linux. Tapi kalau belum pernah ? alhasil mereka hanya mengikuti materi dan praktek yang hanya berkutik didunia windows saja.

Ini salah, jika hal seperti ini didiamkan, Kapan Mahasiswa IT mau Maju? (ehem :D),

Mempelajari Linux bagi Mahasiswa IT adalah suatu kewajiban, paling tidak pernah menginstallnya. Aku sendiri memang tidak Jago Linux tapi setidaknya aku sudah memakai Linux di Komputer PC ku, Pertama memang aku agak neorves menggunakan linux, waktu itu pertama yang aku install adalah Linux Blankon setelah itu Ubuntu ver.09.04 dan yang sekarang sudah Ubuntu 12.04 LTS. Memang pertama kendala yang aku temui adalah cara mengkoneksikan internet dan setelah itu cara menginstall beberapa software yang harus di lakukan lewat UnderDOS/Terminal, butuh menghafalkan beberapa sintak/perintah-perintah yang jarang sekali aku gunakan saat memakai OS windows.

Bagi Pengguna yang masih terbiasa memakai OS Windows, mungkin bisa di Coba menginstall Linux dengan cara Dual OS di Komputernya, jadi ketika saat booting bisa di pilih mana OS linux atau OS windows yang akan dipakai. Cara ini efektif, karena selain bisa belajar linux juga masih bisa menggunakan OS Windows dalam satu Komputer.

Ketika belajar linux aku saranin se langkah pertama adalah mencari Passion, ya, passion factor X ini bisa diaplikasikan ketika kita sudah mulai malas dengan linux, maka akan muncul beberapa energy positif yaitu mendorong kita agar terus belajar tentang Linux.

Langkah kedua yaitu mempelajari system Linux, Sintak/Perintah-perintah yang sering digunakan di UnderDOS, Libre Office (sejenis software seperti word,excel,power pint), dan lain sebagainya. Agar Jago Linux di bagian ini kalian bisa belajar secara otodidak, searching di Google.com atau jika ingin cepat dan langsung bisa alias Jago Linux, kalian bisa Kuliah Ti Nuruf Fikri yaitu Suatu Program pelatihan khusus membahas tentang Linux.

Aku dan Nurul Fikri

Diseberang kantor tempat bekerjaku, ada LP3T Nurul Fikri, aku sering melihat banyak Paket-paket Program Study yang menarik yang terpasang di depan Kantor LP3T Nurul Fikri, sebenarnya aku sendiri ingin mencoba belajar Linux lebih mendalam disana dan kebetulan memang bidang kerjaku tidak jauh dari dunia IT, yaitu IT Consultan (aku sih cuman OB bukan tutornya ngahaha) dan tidak jauh lagi memang aku sedang menempuh pendidikan S1 di salah satu Universitas Tangerang selatan jurusan Teknik Informatika, lengkap sudah, itulah kenapa aku ngiler ingin mencoba belajar di LP3T Nurul Fikri.

0a9ac10fbbbd045aa882e51880b30ae3_artikellinux-2-copy

Tidak lama setelah aku menghayal ingin belajar di Kuliah IT Nurul Fikri, tiba-tiba teman sekantor meminjamkan Buku Panduan tentang Linux dan buku-buku yang berkaitan dengan linux, agak kaget karena buku-buku itu berlabel LP3T Nurul Fikri, ketika aku Tanya kepada temanku, memang dia sedang belajar mendalami Linux dan Bahasa Android di LP3T Nurul Fikri, wah! Kebetulan, walaupun aku gak Kuliah IT Nurul Fikri tapi setidaknya aku sudah memegang buku panduan yang biasa di bawa oleh mereka yang Kuliah TI di Nurul Fikri.senang.

Ayo Belajar Linux!

Baik itu Pelajar SD s/d SMA, Karyawan,Orang Awam, Mahasiswa atau Mahasiswa TI Ayo Belajar Linux mulai sekarang !

Urusan menanggulangi Virus, belum bisa mengoperasikan OS linux dan sebagainya Urusan belakang toh nanti bisa sendiri setelah Kuliah IT Nurul Fikri (Kuliah TI di Nurul Fikri-red) atau bisa belajar otodidak dengan cara mengunjungi wesite-website maupun forum yang membahas tentang Linux, banyak lho Searching aja di Google.com dengan keyword Forum linux, Tutorial Linux dan sebagainya.

Eh tapi kalau kalian Kuliah IT Nurul Fikri (Kuliah IT di Nurul Fikri-red) sudah pasti terjamin bisa lho hehe, Lembaga ini sudah Terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) Kemdikbud No. KOM 3276 00006 09 2009 dan sudah tercatat di Approved Training Partner (ATP) Linux Professional Institute (LPI) Canada. Jangan kuatir kalau mau magang kerja tinggal bilang aja, Mas, mbak, saya Lulusan LP3T Nurul Fikri, kemampuan saya boleh dicoba kok :D

1e1e2e57ba66eb957291822248901c12_artikellinux-4

Oia, sebagai pertimbangan monggo silakan cari infonya KLIK DISINI atau Videonya Program Profesi Teknik Informatika Jagoan Linux & Open Source Program Study, keunggulan dan sebagainya Komplit disitu.

Oke, mungkin sekian saja tulisan ini, makasih lho udah membacanya sampai akhir, yang aku harapin se, kalian mau Belajar Linux lebih Lanjut setelah Baca tulisan ini.

Sumber image :

http://technokoopa.deviantart.com/art/Linux-Wallpaper-1-169612709

http://dunianyasiayu.wordpress.com/tag/bsi/page/2/

- Dan Koleksi Pribadi


TAGS Jago Linux linux Belajar Linux


-

Author

Follow Me