Dear Yang Tidak Lulus SMA

29 May 2012

39a68a42f6fc0b570537ff3c3ec9cb1b_tidaklulus

Image by Kompas

Selamat bagi yang lulus dari tingkat SMA, dan selamat bagi yang tidak lulus SMA, tenangkan diri kalian, karena kalian adalah orang-orang yang terpilih untuk menjadi manusia yang tegar, penyabar dan banyak memiliki peluang hidup lebih baik!

Yang tidak lulus SMA, jangan khawatir ya. Ini bukan akhir dari segala kehidupan, kalian masih mempunyai otak kan? Pergunakan logikanya dan kalian masih punya hati kan? Pergunakan untuk mendekatkan diri,kepada Tuhan.

Aku juga gak akan mengatakan menerima ketidak lulusan yang dialami kalian adalah sebuah kemudahan aku memberi motivasi buat kalian, justru aku ikut larut dalam kesedihan kalian, tapi bukan berarti harus bersedih terus. harus ada yang membangkitakan semangat cita.

oke, lanjut.

Jangan salah, tidak mudah menentukan masa depan setelah lulus sma, melanjutkan kuliah? Tidak mudah. Mengapa? Gak sedikit dimasa umur sma-an manusia sedang diambang kelabilan dan masih mencari jati diri. Dimana dampaknya terkadang ada yang susah dan salah memilih jurusan kuliah. Alhasil, ditengah perjalanan kuliahpun sering mengeluh dengan mengucapkan gue salah ambil jurusan ya? kok gak asik gini se!

Atau ada yang memilih sehabis lulus sma langsung kerja? Kerja di pabrik-pabrik gitu? Jadi SPG gitu?boleh saja, terkadang pemilihan semacam ini banyak dilator belakangi oleh kemampuan ekonomi. Dan ditengah perjalanannya pun terkadang terbesit pertanyaan gaji gue segini mulu yak? Kenapa dulu gue gak kuliah?

Atau juga ada yang memilih Kuliah sambil kerja? Ya, kuliah dijadikan prioritas utama sambilannya kerja. Di Jakarta dan sekitarnya sudah banyak Universitas atau Perguruan tinggi lain yang mengkhususkan kuliah bagi orang-orang karyawan. Cara ini lumayan efektif dan efisien. Disamping mendapatkan ilmu kita juga bisa menambah uang jajan atau uang buat ngprint, photocopy dan lain sebagainya. Tapi lagi-lagi ditengah perjalanan sering juga timbul keluhan gue capek cuy, siang kerja malam kuliah, mana ipk gue turun lagi!

Atau juga (dari tadi atau atau atau mulu yak?!! Haha) memilih lulus sma langsung berwirausaha! Wow, amazing! Kemampuan semacam ini yang jarang dimiliki anak-anak sma, diusianya yang masih muda dan labil bisa mengambil keputusan yang super trip!. Gak papa asalkan sudah banyak bekal tentang ilmu kewirausahaan. Why not?

End then? Bagi yang belum lulus SMA masih mengeluh? Lihat teman-teman kalian yang sudah lulus masih dihadapkan dengan berbagai dilema kehidupan dan dipaksa untuk memilih kebijakan-kebijakan yang krusial bagi masa depan mereka.

Sekarang, kalian masih diberi kesempatan untuk berfikir lebih jauh, lebih dewasa, lebih professional dan masih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan berbagai kebijakan dan keputusan yang terbaik buat masa depan kalian.

Disamping itu, percayalah. Tuhan masih sayang kalian. Tuhan sedang merencakan doorprize yang super sekali, dimana untuk mendapatkannya hanya butuh kesabaran dan ketegaran hati.

Teman, kalian Masih mengeluh ? tersenyumlah, gak mungkin Tuhan gak memberi hadiah cobaan tidak sesuai dengan kemampuan makhluknya.

Photo dari Kompas :

http://regional.kompas.com/read/2012/05/26/17505577/Tak.Lulus.Ujian.Puluhan.Siswa.Pingsan.Ditandu

By @tomtomtwiit


TAGS tidak lulus UN Lulus UN Lulus


-

Author

Follow Me