Review Film The Raid

10 Apr 2012

96bbb8bb20e85df53ff1613dcb540deb_theraid5
e5a939ebf548d5ac8d5e4b80b59f7bbd_theraid3

ee255b828e79602e7b152dab82558bc4_theraid4

Syukur deh akhirnya bisa posting tulisan lagi, kali ini mau bercerita tentang Pertama kalinya aku nonton The Raid (emang mau berkali-kali? Ntar Jebol kantongnya deh), film yang sedang naik daun ini bisa menyita banyak penonton, denger-denger sehari yang lalu di Indonesia saja penontonnya sudah tembus 1 juta (aku curiga, paling yang nonton orangnya itu-itu aja) lho kok bisa? Ya soalnya memang filmnya Bagus dan berkelas. Jadi bisa saja nonton di 21, jam 16:30 ntar masuk lagi jam 18:55, besok nonton lagi, lagi dan lagi.

Oke, langsung saja. The Raid adalah film garapan sutradara Gareth Huw Evans bercerita tentang Penggrebekan salah satu Bandar Narkotika yang bermarkas di sebuah Apartemen yang kumuh. Intinya ya hanya itu doang, gak ada embel-embel horror semacam di pojokan muncul tangan buntung, atau tiba-tiba dibalik pintu apartemen muncul Suster Ngesot.

Asli, Film ini Ektrim, Keras, Ganas, dan Keren. Kisah Cintanya sedikit, hanya mengisahkan Istrinya si pemeran utama Iko Uwais yang sedang hamil, jadi si Iko meninggalkan sang istri saat hamil besar ketika akan bertugas menumpas kejahatan Bandar narkotika dan ketika ada adegan si iko terjun dari lantai 9 ke lantai 6 untuk membunuh salah satu anak buah TAMA ( Bos Bandar narkotika) dan si iko kliyeng-kliyeng dia ingat keadaan sang istri, terngiang-ngiang, karena si iko sempat kelelahan banget. Dan pada saat itu ada si X. (sensor, gak seru nanti) yang sengaja menyeret iko kedalam ruang, berbicara intim dan terharu lagi-lagi soal cinta, iko disuruh Pulang saja dan membatalkan tugas ini tapi iko ngotot, akhirnya iko Memberitahu kepada si X bahwa nanti iko bakal menjadi Bapak.

Itu aja soal cinta, bisa di hitung (akumulasi) gak nyampek durasi 20 menitlah kisah cintanya, selebihnya Bacok-bacokan, tembak-tembakan, jedot-jedotan ke dinding, main lempar manusia bak boneka dan tentunya dalam film The Raid ini adegan skill teknik bela diri nya sangat Kental dan Te O Pe Be Ge Te deh!.

Adegan teknik bela diri sangat kental saat si iko di lantai 6 dihadang dan dihadapkan oleh puluhan anak buah si TAMA, si iko gak bawa pistol apalagi bawa nasi bungkus (gak sempet coy) hanya memegang tongkat yang biasa dipakai satpam itulho, sedangkan musuhnya pakai Golok, Samurai, Belati dan mentimun (salah). Adegan bela diri dimulai, terlihat rapi dan ektrim, gak tanggung-tanggung samurai dan belati bisa direbut si iko dan langsung ditancapkan di paha, dada dan leher musuh, ngeri.

Kelihaian ilmu bela diri gak hanya dimiliki si iko tapi sersan sebagai ketua tim SWAT (tim yang bertugas menumpas Bandar narkotika) juga menguasai, dari lantai bawah sampai lt.6 kalo gak salah, sisersan masih bisa melibas beberapa anak buah TAMA, namun Malang (bukan nama kota) nasib si Sersan ternyata tidak ditangan Harimau tapi di tangan salah satu anak buah andalan bos TAMA, yaitu lupa namanya tapi orangnya kliatan ndeso dan SANGAR, gondrong keriting dan berkumis.Teknik bela dirinya bagus, yang akhirnya bisa mematahkan Leher si Sersan Jaka, padahal si sersan ini sangat bagus lho, perannya sangat memukau, karismatik, pemarah, pemberani dan ganteng.

a39ef7c1c31e215872f4edd2c55e53e4_theraid1

Oia, aku ingat muka ndeso tapi sangar dan skill silatnya bisa diacungi jempol itu namanya adalah yayan ruhian memerankan sebagai MadDog, aku suka gaya melucu dan memamerkan teknik bela dirinya, saat berhadapan dengan sersan sebenarnya dia cukup melepaskan peluru di depan Otak sersan jaka untuk membunuh, tapi dengan gayanya si madDog mengajak kedalam kamar dan kamar dikunci (hayoo ngapain) peluru pistol dilepaskan dimeja dan dia bilang kalo gak salah denger begini ini baru mantab sambil tangannya meremes-remes jari-jari nya sendiri yang artinya dia ingin berkelahi secara Jantan.

d5c24d44c26392a649506fc6a354360d_theraid2

Paling enak Peran di film The raid ini adalah si ibu-ibu yang lagi sakit dia muncul Cuma sekali doang intinya Cuma bilang ke suaminya mas jangan dibuka pintunya saat si iko dan temannya yang pincang ingin mencari perlindungan di kamar salah satu penghuni apartemen. (tau tu si ibu, benar2 sakit apa lagi mau berduan ama suaminya, sempet kesel aku.)

Dan Pemeran yang gak banyak menampilkan skill bela diri adalah si bos Bandar narkotikanya yaitu TAMA alias Ray Sahetapy dia kerjanya Cuma melototin puluhan tivi (cctv) makan buah, Cuma pakai kaos dalem, main-mainan peluru pistol , Palu, dan ngelucu, ya dia bakat ngelucu, tapi dalam hal ini ngelucunya si Ray sangat memukau artinya bahwa sosok Bandar narkotika yang kejam dan bengis cocok diperankan oleh actor kawakan ini. Kalau bahasa jawanya dia itu Gembeleng.

Dalam film The Raid ini aku katakan semuanya action . bahkan session hening dan dialog panjang nyaris tidak bisa di ingat, paling Cuma 4 kali kalau gak salah. Selebihnya mereka bermain silat dan membrondong peluru saling serang-menyerang.

Tim SWAT disini mati semua termasuk Sersan Jaka, Cuma sisa si iko dan dua temannya yang satunya ternyata penghianat.

Oia tadi si mister X itu adalah Dony Alamsyah atau si Andy salah satu anak buah si TAMA, tapi bukan saudaraan dengan madDog (beda jauh coy) justru si andy adalah kakaknya si iko, dalam perbincangan mereka - tadi seperti yang aku ceritakan diatas, si andy sebernarnya terkejut melihat adiknya melakukan tugas sebodoh ini, makanya si andy menyuruh si iko untuk pulang saja. Di satu sisi perbincangan ini diketahui oleh si Tama dan saat si andy melaporkan kepada Bos Tama si andy tangannya di Tusuk tembus meja dan disiksa diruang penyiksaan.

Tragis di Ruang penyiksaan, si Andy disiksa oleh rekannya sendiri, MadDog. Iko tahu kakaknya disiksa, iko masuk, dan lagi-lagi madDog dengan Gembelengnya menantang andy dan iko melawan madDoG sendiri, 2 lawan 1. Lagi-lagi unjuk kebolehan teknik bela diri madDog memukau dan lucu, tapi akhirnya madDog wafat (what? Seekstrim ini pakek kata wafat?) dia ditusuk dileher nya dengan pecahan lampu hingga dalam. Ketika itu iko hampir saja lehernya akan dipatahkan madDog,adegan saat ini sangat menegangkan.

Demikianlah cerita hasil nonton film The Raid, sebenarnya banyak banget yang perlu diceritakan adegan ektrim dan teknik bela diri yang memukau. Tapi biar lebih penasaran monggo belum nonton silakan nonton yang mau nonton lagi bisa nonton lagi jangan lupa ajak aku ya, cukup mention @tomtomtwiit hoho

Ioa, jujur film ini Keren abis, seumur-umur nonton film di Indonesia (emang aku pernah nonton di luar negri?) baru beberapa saja yang aku anggap film berkualitas, ada AADC, laskar pelangi, Negri 5 Menara.

Semoga dunia perfilm Indonesia semakin bagus kedepannya, apalagi yang temanya action seperti ini, mungkin film The Raid adalah batu loncatan pertama agar film action selanjutnya semakin berkelas. Dan plis deh Stop Film yang Horor-horor dan berbau seks K .


TAGS Review The Raid


-

Author

Follow Me