Membangun Pamulang menjadi Kota Besar

25 Dec 2011

Tangerang selatan (Tangsel) merupakan salah satu kota di Provinsi Banten, BSD (bumi serpong damai) yaitu salah satu icon dan pusat perekonomian Tangsel, BSD sudah tidak usah ditanya lagi, kota yang terencana sejak dulu itu dilengkapi banyak infrastrutur yang nyaman, mulai dari perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata, pasar modern sampai perumahan elit. Agak kurang rasanya kalau jalan-jalan atau lewat Tangsel gak mampir ke BSD City, bagi yang berkantong tebal bisa liat-liat dan beli rumah hunian yang nyaman dan asri dan bisa juga merencanakan ber-inventaris disana. Bagi yang hanya lewat monggo ke taman kota 1 dan taman kota 2 atau ke OceanPark Water. lumayan bisa membuat perjalanan menjadi lebih asik dan menyenangkan.

Tapi nanti dulu, tangsel tak hanya mempunyai BSD aja, ada Kota Pamulang,ya. Pamulang merupakan kota di Tangsel yang menurutku bakal menjadi kota yang besar. Berbagai opini-opini disurat kabar lokal membicarakan masa depan kota yang dulu hanya seperti kebun yang tak terurus. Aku baru beberapa tahun tinggal di Pamulang tapi kerabatku uda puluhan tahun di Pamulang, kerabatku sedikit banyak cerita tentang kota ini, heran. Itu yang kutangkap dari cerita dari kerabatku, karena menurut dia sebelum tahun 2000an Pamulang gak semacet ini, tapi sekarang Pamulang uda kayak semut keluar dari sarangnya pada saat jam-jam kantor. Pamulang gak ada traffic light tapi macetnya uda kayak ngantri di traffic light, ada se traffic light tapi cuma satu yaitu di perempatan Gaplek beberapa kilometer dari kantor walikota tangsel.

02-pamulang-bunderan-pamulang

Jalan Pamulang yang sempit dan volume kendaraan terus bertambah, mungkin itu penyebab kemacetan. Terutama jalan akses arah ke pondok cabe/Lebak Bulus, atau akses jalan ke arah Viktor, atau di Bunderan Pamulang tentu pas jam kerja dan pas jam keluar Mahasiswa UNPAM sift malam, jangan ditanya lagi pasti macet, tapi mulai akhir-akhir ini Pamulang sedikit lancar, pelebaran jalan di sejumlah titik mulai di bangun jadi alhamdulillah sudah bisa ngurangin kemacetan.

Pamulang akan menjadi kota besar? Ya. Selain opini-opini yang mencuat di media cetak atau media online seperti Blog, dan forum dll , aku pernah ngobrol dengan salah satu pejabat di BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) Tangsel, beliau bilang,”beberapa tahun lagi Tangsel akan menjadi kota yang besar, nanti akan dibangun jalan tol dan fly over,untuk mengatasi kemacetan,termasuk Pamulang ini”. Mungkin juga bangunan-bangunan tinggi akan dibangun di Pamulang ini, aku juga sudah melihat beberapa bangunan Pemerintah setempat yang mulai dibangun,cukup besar dan tinggi, mungkin karena Pamulang adalah pusat pemerintahan daerah Tangsel jadi Renovasi-renovasi Bangunan kantor Walikota pun di perlebar dan diperbesar. Tak sampai disitu saja, Pasar-pasar moderen sudah ada di dua titik yang akan dibangun di daerah Pamulang, pusat perbelanjaan juga sudah mulai menampakkan kemegawahan disepanjang jalan raya Pamulang. Sangat pesat.

Tapi sebentar, untuk menjadi kota yang besar seperti saudaranya yaitu BSD City maka salah satu aspek perlu diperhatikan, Saluran Air. Ya. rancang bangun Irigasi, Gorong-gorong dan sebagainya harus terencana rapi dan terealisasikan dengan baik dan tepat. Jangan sampai bangunan-bangunan pencakar langir sudah dibangun dan kota tertata rapi tapi kaki-kaki bangunan terendam air, ruas jalan tergenang air got dan rumah-rumah warga terendam. Sekali lagi ini penting, lebih baik mengantisipasi daripara membenahi. Mengantisipasi irit biaya sedangkan membenahi banyak biaya. Lihat saja kota Jakarta, kenapa jalan-jalan utama di sana baru dibuat gorong-gorong yang besar? Kenapa gak dari dulu dibuatnya? Kenapa harus menunggu tragedy Jakarta tenggelam (2007)? Nah sekarang baru dibangun, banyak biaya kan, bikin macet kan, meresahkan bukan?!. Harusnya sebuah kota yang kelak menjadi kota besar dari awal sudah direncanakan Irigasi yang tepat dan benar.

03-pamulang-akses-transportasi

Begitu pula Pamulang, dulu pertama aku masuk di Pamulang, sering terjadi genangan air yang membuat badan mesin motor terendam dan akhirnya mogok, dikawasan BPI, Perum MA, sebelum Pombensin Gaplek, Universitas Terbuka dll. Tapi sekarang sudah agak mending karena sudah ada pembersihan dan pembuatan gorong-gorong tapi belum maksimal karena terkadang masih saja air menggenang. Pamulang mempunyai Situ atau Danau, dimana danau itu sebaiknya jangan di tinggal diamkan dan tidak diurus, malainkan dirawat agar bisa menampung air disaat hujan lebat. Dan selain itu perlu sosialisai mengenai Kebersihan di kota Pamulang, kesadaran dan pemahaman sejak dini sebelum menjadi kota yang besar haruslah sudah tertanam, membuang sampah dan memberdayakan sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat bisa di jalankan dengan mudah dan menjadi kebiasaan warga Kota Pamulang.

Maka sudah bereslah salah satu syarat untuk menjadi Kota yang besar yang indah dan nyaman, masih banyak syarat yang lain agar Pamulang menjadi Kota yang besar, baik dari aspek adat,budaya,infrastruktur, industry, wisata, keadministrasian dan pendidikan. Mari kita bangun kota Pamulang sebagai Kota besar yang indah dan nyaman.

sumber gambar [disini]


TAGS Ekspresi Blogger Indonesia lomba blog #ekspresinyaBlogger


-

Author

Follow Me