Ingat ” IPK “, Ingat Kebebasan Berekspresi

17 Dec 2011

Sebagian besar Blogger, menulis tema Kebebasan Berekspresi terlihat serius. keseriusan itu terlihat pada Penolakan keras mereka terhadap UU ITE pasal 27 ayat 3, tapi bagiku Kebebasan Berekspresi itu sederhana aja, ya . kebebasan itu aku tuangkan dalam singkatan IPK (Intervensi, Pelarangan dan Kreatif) bukan Indeks Prestasi Komulatif , ini bukan membahas kuliah -__- .

IPK ini bagiku penting dalam kebebasan berekspresi, bagaimana tidak, jika IPK ini tidak menjadi landasan aku sendiri maka aku gak jauh beda dengan burung dalam sangkar yang berkicau sendiri, gak ada yang mendengar saat aku berkicau, dan buta akan kehidupan luar, Hidup yang sia-sia. Jadi Kolerasi-nya aku pun dipaksa menulis dengan gaya dan bahasan yang itu-itu aja alias gak kreatif,Kuper. Pikiran dan Jemari tangan Terpenjara dalam sangkar ketidak-bebas-an berekspresi.

ekspresiblogger

kok malah curhat ya.Okei.. and then, aku mau memperjelas “IPK ” (Intervensi, Pelarangan,Kreatif) yang aku maksud ini.

IPK (Intervensi, Pelarangan dan Kreatif) :

INTERVENSI : Jujur aku gak suka dengan Intervensi seperti ini, aku Blogger independen yang suka menulis tanpa embel-embel dari orang maupun instansi pemerintah maupun swasta. Gak ada yang nyuruh,ikut campur atau me-remote aku harus nulis ini atau nulis itu, murni aku menulis dengan pemikiran dan dengan sepuluh jariku. Jadi gak ada tulisanku yang berisi untuk sebuah misi dan kepentingan dari Orang,Kelompok,Pemerintah maupun Swasta.

PELARANGAN, ada benernya gak kalimat ini? Yang berkuasa yang melarang kayaknya mirip-mirip UU ITE pasal 27 ayat 3 itu ya??, aha !. tapi biarlah teman-teman Blogger ku yang lain yang membahasnya,mereka lebih kritis dan didengar. Walaupun sebenarnya dengan senang hati Aku Menolak UU ITE pasal 27 ayat 3 itu.

Next, Blogger itu alergi dengan sebuah larangan, karena mereka menulis dengan hati dan rasa ingin berbagi. Niat baik jelas bertentangan dengan sebuah Larangan, justru harusnya didukung. apabila Blogger itu menulis dengan ber-etika, tidak mengandung unsur Pornografi,Penghinaan, dan SARA kenapa harus ada Dusta diantara kita Pelarangan?. Pelarangan disini adalah tindakan baik yang Nyindir,Melarang dan Mencegah lewat Tulisan, Surat,Tlp,sms,mention,BBM,Chat dan apapun bentuknya.

KREATIF : Harus Kreatif !! *walaupun tulisanku gak kreatif*Ruang lingkup Kebebasan Berkekspresi sangatlah luas bukan hanya menolak adanya Intervensi dan Pelarangan tapi bagaimana caranya memanfaatkan Kebebasan Berekspresi itu, agar benar-benar Kebebasan itu bukan sekedar Keleluasaan saja, melainkan bisa melahirkan sebuah ide menulis yang inovatif,Kreatif, Variatif, Berbeda, dan independen.

Menulis di Blog yang secara otomatis akan dibaca oleh seluruh Dunia,wow. Maka tulisan harus kreatif, gak itu-itu aja yang dibahas,adanya kok Blog yang isinya curhat mulu, ngeluh mulu,. Ayo donk. Bikin Blog sekreatif mungkin, isi Blog dengan berbagai informasi yang bermanfaat dan variatif.

Pergunakan Kebebasan berekspresi sekreatif mungkin; dengan berkeliling dunia,cari pengalaman, baca postingan-postingan yang berbahasa selain bahasa Indonesia,. Tulis dan edit ulang pengalaman keliling dunia itu kedalam bahasa Indonesia (tentunya dengan ijin dan mendapatkan ijin dari pemilik Blog/Web itu untuk di share), pasti akan banyak manfaatnya.

Jadi Blog-blog yang di Indonesia itu bisa banyak macam informasinya, Variatif dan Referentatif. Jujur aku masih sering menemui pemilik Blog di Indonesia yang memberikan informasi khususnya mengenai Tutorial, tips and trik yang sama persis antara Blog satu dengan blog yang lain, bisa dikatakan blog itu hasil COPAS atau Plagiat!. Sangat tidak kreatif. Padahal jika kita membaca postingan orang luar Negeri, banyak yang memberikan Tutorial, tips and trick dengan cara yang berbeda.

Jadi seperti itulah aku mengekspresikan sebuah Kebebasan Berekspresi.

Jadi kesimpulannya adalah karena Kebebasan Berekspresi Blogger itulah Gak ada yang namanya intervensi dari pihak manapun, murni Independen. Gak ada yang melarang selagi Menulis dengan aturan. Gak boleh Gak kreatif,harus kreatif. Mencari informasi gak harus di Blog atau Web yang hanya berbahasa Indonesia saja, tapi seluruh Bahasa Dunia.

INGAT IPK, INGAT KEBEBASAN BEREKSPRESI : )


TAGS Ekspresi Blogger Indonesia lomba blog 2011 lomba blog 2012


-

Author

Follow Me