Andai aku jadi Anggota DPD RI

8 Dec 2011

Keluh kesah rakyat dan berbagai realita kondisi daerahnya adalah Tugas dan amanah yang harus diemban sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), memang berat untuk memenuhi itu, terlebih jika masa jabatan hanya 5 tahun dan juga proses birokrasi yang berbelit-belit dan susahnya menyuarakan aspirasi rakyat kepada Pemerintah maupun DPR. Tapi, itulah kenapa seorang Anggota DPD dipilih dan dipercaya untuk bekerja keras dalam memikirkan dan memberi solusi kepada Rakyat dan daerahnya.

Maka tidak ada kata mengeluh dan menyerah ketika saya seandainya menjadi Anggota DPD RI !.

Pertama, saya akan meyakinkan kepada Rakyat saya bahwa saya adalah Pelayan mereka, yang mampu memberikan pelayanan semaksimal mungkin sehingga mereka mempercayai segala bentuk usaha saya dalam mengelola dan menyuarakan aspirasi daerah yang menjadi tugas seorang DPD.

Kedua, jelas keterikatan batin saya dengan rakyat saya akan saya pupuk dan siram dengan teratur agar saya peka terhadap rakyat maupun lingkungan saya, sehingga hal itu bisa memunculkan formula rancang dalam pembangunan maupun kesejahteraan mereka.

Ketiga, melakukan silaturahmi secara langsung, kalau perlu saya akan melepas seragam dan menyeragamkan sama seperti mereka, sehingga saya bisa berbaur layaknya mereka bercengkrama satu sama lain saat bekerja disawah dan tahu dengan jelas apa yang menjadi kekurangan mereka dan daerahnya.

Keempat, malakukan rancangan pembangunan dan kesejahteraan rakyat jangka panjang dan jangka pendek pasca silaturahmi itu, melalui berbagai pembelajaran pendidikan bagi rakyat yang buta aksara, memberikan penyuluhan kemandirian berkarya dan mengolah sumber daya alam sekaligus memberikan solusi terkait pendanaan.

Kelima, memberikan berbagai bentuk usaha agar aset sumber daya manusianya Cerdas, kreatif dan berakhlakul karimah, mulai dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi. Sehingga mampu memberikan kontribusi jangka panjang yang tentunya akan bermanfaat pula kepada daerahnya.

Keenam, memberikan sosialisasi akan pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan observasi langsung kondisi kesehatan rakyat terutama didaerah yang sulit diakses baik transportasi maupun informasi dan membuat rancangan mengenai masalah ini sesuai kondisi.

Ketujuh, tentunya aset yang besar juga ada di Obyek wisata dan budaya setempat, saya akan mengajukan dengan yakin dan Optimis bahwa aset ini bisa mensejahterakan rakyat dan daerah mereka, tentu dengan rancangan yang sedemikian Hebat.

Kedelapan, mengurus bawahan saya sendiri dengan tegas !, agar menjauhi segala bentuk penyimpangan bahkan hal-hal yang menjurus ke maksiatan yaitu Korupsi dengan Mendidik mereka (walaupun mereka senior dibidangnya) dengan pendidikan keagamaan yang benar dan berakhlak.

Kesembilan, dengan Tegas ! akan mengawasi dan member peringatan ! apabila dalam pembentukan undang-undang otonomi daerah yang bersifat merugikan rakyat dan daerah.

Kesepuluh, dengan bersungguh-sungguh akan membela daerah wilayah kerja saya apabila ada kebijakan dari pemerintah atau DPR yang tidak sependapat bahkan akan merugikan !.

Sebenarnya tidaklah muluk-muluk bentuk usaha saya untuk mengabdi kepada rakyat saya, saya hanya ingin keberadaan saya adalah sebagai cikal bakal yang berkelanjutan dalam hal kepemimpinan yang berkhlak dan peka terhadap keadaan rakyat dan kondisisi lingkungannya.

Dengan begitu, kalaupun pembangunan dan kesejahteraan belum tercapai di era kepemimpinan saya, maka kepemimpinan setelah saya-lah yang akan melanjutkan dan menyuarakan aspirasi mereka sampai titik kesejahteraan berkelanjutan.

Terima kasih.


TAGS DPD RI Lomba DPD RI #lombadpd lomba blog mesuji


-

Author

Follow Me