Segarkan Kembali KKN !

31 Oct 2011

KKN SEBUAH PENGABDIAN JATI DIRI MAHASISWA

kkn

Image by google

Kemarin sabtu kurang lebih 2 minggu terakhir, aku baca Koran suaramerdeka kolom Kampus, aku lihat kok ada kolom Debat yang temanya Reaktualisasi KKN . dengan sendirinya pikiranku langsung tertarik untuk menulis artikel mengenai KKN (Kuliah Kerja Nyata), kali ini memang tema debat kampus sangat menarik, karena Mahasiswa dan Kampus implementasinya adalah KKN, bukan sekedar demo dan demo. Dimana eksistensi sebagai Mahasiswa nantinya toh juga berhadapan langsung dengan dinamika kehidupan bermasyarakat. Maka dari itu tema ini sangat menarik, menarik tentunya bagi kita Mahasiswa :)

KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Banyak perspektif dari Mahasiswa dalam menjalani proses perkuliahnya, dimana kuliah hanya sebagai ajang gaul, keren dan bahkan hanya ingin mencicipi dunia Kampus. Namun tidak sedikit juga ada Mahasiswa yang benar-benar ingin menuntut ilmu dan mengamalkannya sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tri Dharma pada Perguruan Tinggi mengacu pada Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian, yang terlaksana dalam kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang diselenggarakan oleh LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Perguruan Tinggi terkait.

KKN diselenggarakan dengan bertolak dari permasalahan nyata dalam masyarakat yang didekati dengan menggunakan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Jadi, KKN berdimensi luas, pragmatis dan praktis. Bagi mahasiswa peserta, KKN seharusnya dirasakan sebagai pengalaman belajar, suatu pengalaman belajar yang tidak dapat diperoleh di dalam kampus.

KKN merupakan tantangan bagi Mahasiswa sendiri untuk menunjukkan jati dirinya terutama jati diri kepada masyarakat bangsanya. Tidak hanya mampu berkoar-koar (orasi-red) di atas pedium saja.

Di sisi lain, Acapkali Mahasiswa tidak siap dan mengalami kesulitan bahkan menimbulkan kesan merepotkan masyarakat setempat dalam pelaksaannya, dikarenakan upaya bersosialisai kepada masyarakat sering terjadi kesalahpahaman, tentunya hal ini perlu pendalaman dan persiapan sejak dini kepada Mahasiswa, walaupun oleh Perguruan Tinggi sendiri sudah ada program bimbingan KKN, tapi hal itu tidak seratus persen memberikan kepahaman Mahasiswa dalam berinteraksi dan bersosialisasi pada masyarakat.

Oleh karena itu Mahasiswa harus memiliki pengetahuan baru, perasaan baru, kemampuan baru, dan kesadaran baru tentang problem dan bagaimana memecahkan yang dihadapi masyarakat bangsanya, tentang tanah airnya dan tentang bagaimana seharusnya dirinya berperan lebih jauh.

Dengan demikian, jati diri Kemahasiswaan jelas terbentuk dengan dilakukannya KKN dimana Masyarakat memperoleh peningkatan bantuan atas pengabdian Mahasiswa terutama sumbangan pemikiran dan dorongan untuk merubah atau meningkatkan cara berpikir, pengetahuan, dan ketrampilan sehingga dapat meningkatkan potensi masyarakat dan berkembang secara mandiri


TAGS KKN Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa ovj


-

Author

Follow Me