Kebiasan ANEH Kalau sudah mendapat Gelar LANSIA

29 Sep 2011

lansia1

LANSIA-image by google image

Ngobrol santai di sore hari tadi antara aku, bapakku dan ibuku mengenai tingkahlaku dan kebiasaan manusia yang sering disebut LANSIA, mebuat pikiran dan jemariku untuk mengangkat judul ditulisan ini adalah KEBIASAAN ANEH KALAU SUDAH MENDAPAT GELAR LANSIA.

Alhamdulillah aku masih mempunyai 3 orang simbah, dua diantaranya adalah dari keluarga Ibuku dan satunya lagi adalah adik dari simbahku dari keluarga bapakku. Jangan sampe ujung2nya Harimau lo.

Aku bangga dengan mereka, walaupun mereka tidak sekolah dan bahkan ada yang Ummi (tidak bisa baca,tulis) tapi seiring dengan perjalanan waktu ketiga simbahku itu ternyata bisa mendapatkan Gelar .Lu . misalkan simbahku namanya Ruliyem maka gelar yang akan didapat adalah Sdri. Ruliyem, .Lu . ya, .Lu sendiri adalah singkatan dari Lanjut Usia .

Aku enggak bermaksud untuk menyindir,menghina atau berbuat SARA. justru Aku bangga dengan Gelar yang disandang oleh ketiga simbahku itu. Ibarat gelar para abdi dalem keraton yang naik jabatan, sangat berat sekali disandang. Apalagi jika aku menyandang gelar itu dengan seUmurku ini yang terbilang belia jelas aku gak kuat gelar itu hanya untuk orang-orang yang LANSIA saja.

Gelar .Lu itu sangat berat, karena menyangkut dengan tingkahlaku dan kebiasaan yang diberi gelar itu. Berbeda dengan gelar sarjana atau gelar diskon 40% up to 70% di Mall terdekat. Kebiasaan dan tingkahlaku aneh itu sangat aku rasakan saat lebaran kemarin dan baru aku sadari saat tadi aku dan kedua ORTUku membahas tentang efek gelar yang disandang simbahku.

Dalam obrolan kecil itu Ibuku Cuma cengangas-cengenges (ngakak) dan bapakku uring-uringan (agak marah) aku sendiri Cuma bisa merhatiin dan mencoba memahami tentang tingkahlaku dan kebiasaan simbahku yang sudah LANSIA yang sedang dibicarakan mereka, dan sebenarnya ada sedikit pertanyaan dalam pikiranku, yang akan ku lontarkan ke kedua ORTUku tadi, yaitu Gimana jika kalian nanti sudah mendapat gelar LANSIA? . apakah aku nanti akan juga ngobrol santai seperti ini sama anakku nanti atau aku hanya diem dan meratapi keanehan ORTUku dan aku gak akan cerita ke anakku agar mereka juga enggak nganggap aku aneh jika aku kelak mendpat Gelar .Lu (lansia-red) nanti.

Oke,sebenarnya apa sih lansia itu? Kelompok lanjut usia (LANSIA) adalah kelompok penduduk yang berusia 60 tahun ke atas (Hardywinoto dan Setiabudhi, 1999;8). Pada lanjut usia akan terjadi proses menghilangnya kemampuan jaringan untuk memperbaiki diri atau mengganti dan mempertahankan fungsi normalnya secara perlahan-lahan sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi dan memperbaiki kerusakan yang terjadi (Constantinides, 1994). Karena itu di dalam tubuh akan menumpuk makin banyak distorsi metabolik dan struktural disebut penyakit degeneratif yang menyebabkan lansia akan mengakhiri hidup dengan episode terminal (Darmojo dan Martono, 1999;4). Penggolongan lansia menurut Depkes dikutip dari Azis (1994) menjadi tiga kelompok yakni :

a) Kelompok lansia dini (55 64 tahun), merupakan kelompok yang baru memasuki lansia.

b) Kelompok lansia (65 tahun ke atas).

c) Kelompok lansia resiko tinggi, yaitu lansia yang berusia lebih dari 70 tahun.

sumber

Jadi seperti itulah definisi LANSIA, tentunya dalam definisi itu tidak ada kata Kebiasaan dan Keanehan tapi dalam kehidupan nyata keanehan lansia semakin menjadi-jadi, kayak kesurupan habis kuda lumpingan,sorri berlebihan. Misalkan sering ngompol, sering marah-marah gak jelas, kalau udah mau dibelikan ini itu harus dituruti kalau gak dia akan memanggil malaikat,ups keblabasan. Berjalannya mulai pelan-pelan, kakinya menjadi tiga(yang satu tongkat :D ), Sering lupa, sering mengulang-ulang pertanyaan atau kejadian-kejadian lampau (sebenarnya aku dengar simbah ngomong tapi simbahnya yang gak denger =_=), pokoknya jika apa yang dilakukan dan diperbuatnya harus dituruti dan diladeni TITIK. Dipikir-pikir LANSIA itu adalah kembaran dari BALITA , tingkah laku dan kebiasaan hampir dan malah bisa dikatakan sama, yaitu sama-sama MEWEK . Bedanya meweknya Balita itu Imut dan Lucu sedangkan meweknya lansia justru sebaliknya, bikin ilfil atau bikin gak bisa tidur.

Bisa dikatakan juga Progress kehidupan manusia itu seperti melempar batu keatas, batu yang dilempar dari bawah maka batu itu juga akan jatuh kebawah lagi.

Bisa dikatakan juga Progress kehidupan manusia itu seperti melempar batu keatas, batu yang dilempar dari bawah maka batu itu juga akan jatuh kebawah lagi. Kata pak Ustadz : manusia itu berasal dari tanah maka akan kembali ketanah pula. Hampir sama konsepnya tapi kok kalo dari tanah sebagian dari kita ada yang gak item ya?,jadi iri =_=. Jika diterapkan dalam tingkahlaku lansia dan balita bisa dikatakan sama juga, yaitu sama-sama mewek.

Ya jadi seperti itulah Gelar .Lu (lansia), aku pribadi sih sangat memaklumi dan memahami bahwa kebiasaan dan tingkahlaku LANSIA itu ya seperti itu. Tidak bisa di rubah atau dipaksakan sekehendak kita. aku juga menyadari bahwa aku bakal seperti mereka para lansia. Dan aku juga berharap kelak anak-anakku bisa memahami bapak dan ibunya kelak sudah lansia. Karena aku pernah membaca salah satu ayat tapi aku lupa tapi yang intinya bahwa kita lahir dari tidak tahu dan akan mati dengan keadaan tidak tahu juga wallahu alam dan juga ayat [Al-Isra : 23]. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kepada keduanya ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya.Seperti itu. take notes!


TAGS lansia


-

Author

Follow Me