MEMAAFKAN ADALAH KEBEBASAN HATI

23 Aug 2011

Sering sekali kita mendengar kata maaf, adalah sebuah kata yang sangat sensitive dengan kedinamisan hati. Adalah sebuah kata yang sering berat kita ucapkan, acapkali kita sudah mengucapkan kata Maaf tapi hati berkata tidak Ikhlas. Agar sebuah Maaf bisa di terima di atas sebuah Kebebasan maka hati juga harus ikhlas, mungkin seperti itu.

Kebebasan hati adalah hati yang tanpa beban, kebebasan hati adalah murni hati yang bersih. Kebebasan hati adalah Hak jiwa setiap Manusia, seseorang yang mampu merasakan Kebebasan hati dan jiwa itulah orang yang mampu memaafkan.

Kebebasan hati inilah yang jarang dimiliki setiap manusia. ada salah satu dari beberapa hal yang membuat sesorang dikatakan tidak bebas, yaitu orang yang Marah.

Orang yang marah adalah orang yang di sengaja oleh dirinya sendiri memenjarakan marah didalam hati dan jiwanya. Jadi kemarahan itu tidak bisa keluar dari diri seseorang yang mengakibatkan orang itu tidak bebas. Lihat semisalnya, masih ada dan bahkan cukup banyak yang sampai hari ini masih marah dengan temannya, orang tuanya. bahkan sampai seseorang berambut putih pun kemarahannya masih di-penjara didalam diri seseorang itu, artinya bahwa selama bertahun-tahun seseorang itu tidak mengenal arti memaafkan dan kemarahan itu otomatis terpenjara didalam dirinya.

Lantas bagaimana kita bisa mendapatkan Kebebasan itu padahal kita sudah terlanjur Marah berat?!

Jawaban itu adalah MEMAAFKAN . Sebesar dan sepahit apapun dia telah menyakiti hati, janganlah kita sekedar mengucapkan didalam hati kita biarlah,semoga Tuhan yang membalasnya akan tetapi beranikan diri memaafkan dengan mengucapkan, dengan tindakan dan dengan hati yang Ikhlas didepan orang yang menyalahi.

Sebelum kita memaafkan seseorang, sebaiknya kita menata hati jauhkan Negatif thinking, isilah hati dengan Cinta dan kasih sayang. Dan aku juga tahu memang berat rasanya untuk memaafkan bagi mereka yang didurhakai oleh cinta, tapi setidaknya memang iinilah yang harus kita ketahui dan lakukan agar tercipta Kebebabasan Hati dan jiwa.

Dan sebaiknya juga bahwa Memaafkan disini mempunyai Prinsip yang harus dihidupkan dalam diri kita yaitu LUPAKAN SAKITNYA DAN INGAT PELAJARANNYA.Karena Prinsip itu adalah sebuah pengertian yang berlevel tinggi yang hanya dimiliki oleh manusia yang berlevel tinggi pula yaitu orang yang mampu memaafkan.

Ingat !, Kebebasan hati adalah orang yang mampu Memaafkan Dan orang yang mampu Memaafkan hanya dimiliki bagi orang yang berkepribadian Bebas.


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Follow Me