Potret Manusia Kuliah sambil Kerja

17 May 2011

Kuliah sambil Kerja?

Ahh..inilah Aku. Sebenarnya.*Ups jangan curhat dulu deh Lebay tau. :D

Kuliah sambil kerja saja!, ujarnya diikuti dengan bahasa tubuhnya yang menunjukkan kelelahan tapi tidak menyurutkan semangat juang di mata dan cita-citanya yagn pernah ia lontarkan kepadaku. Ia menginginkan kehidupan lebih baik daripada kehidupan yang sekarang ia jalani, bukan untuk menyombongkan status ia sebagai sarjana kelak tapi diluar itu ia melihat bahwa ia terlahir dari orang yang tidak mampu, kedua orang tuanya tidak lulus SD dan Cuma bekerja sebagai penyuruh dan kuli bangunan. Dari sinilah ia bersemangat untuk merubah hidupnya demi mengangkat martabat keluarganya. *aku terharu teman, makanya aku jadi terinspirasi oleh ceritamu itu.

Sepenggal cerita tentang obrolanku dengan temanku,. Berkisah tentang hidup kuliah sambil kerja. Memang membuatku kagum dengan cara dia memaknai dan menjalani kehidupannya. Kuliah sambil kerja kebanyakan dari orang yang status ekonominya tipis, bagi yang banyak duit jarang sekali orang yang mau kuliah sambil kerja.

Temanku Eng, kehidupannya sehari bisa di ukur dengan jadwal agenda yang pasti mulai hari senin sampai jumat. Dalam sehari itu ia bekerja dan kuliah, Bangun pagi jam 70.00 berangkat dan pulang pukul 5 sore jam setengah tujuh malam dia harus berangkat kuliah dan pulang kuliah jam setengah sepuluh malam, belum lagi jika ia mendapatkan Tugas kuliah dan lembur kerjanya,sampai jam 2 dini haripun mungkin ia lakoni lek-lek-an (begadang-red).

Tak hanya Eng sebenarnya, banyak teman-temanku satu kelas yang kuliah sambil kerja bahkan sudah berkeluarga dan ada juga yang masih lajang tapi harus menopang semua biaya kehidupan keluarganya (karena bapaknya alm). Sungguh jiwa dan raga mereka Besar,.

Aku harus mengataka kepada mereka bahwa mereka adalah Manusia Luar Biasa, lelah dan capek entah raga maupun otak, mereka tetap senyum dan sekilas tak ada raut kecewa dengan kehidupab yang mereka jalani. Aku yakin bahwa teman-teman kampusku tadi tanpa adanya Semangat mereka takkan mampu menjalaninya. Tanpa cita-cita yang tinggi mereka takkan mampu untuk mensyukuri kehidupannya. Karena mereka optimis kelak sesudahnya mereka menyandang sarjana, status kehidupannya akan berbalik lebih baik. AKU SALUT TEMAN-TEMAN.

Jadi, bukan suatu yang Mustahil jika sekarang banyak kita ketahui Tokoh-tokoh sukses dalam Akedemiknya dari golongan menengah dan kuliah sambil kerja yang menjadi icon Bangsa Indonesia ini seperti, Prof. Yohanes Surya Ahli Fisika, Udaya Halim Pendiri sekolah Princes Creative School, Warsito Purwo Taruno doktor ahli tomografi..dan masih banyak lagi

udaya-halimwarsito
surya-yohanes

Bukan promosi alangkah baiknya lihat Biografi mereka nanti di acara kickandy tanggal 20 mei 2011, yang akan mengulas para tokoh intelektual yang kembali Ke Tanah Air dan coba resapi kehidupan seperti apakah yang sebenarnya membuat nama mereka harum dari jerih payah ilmu mereka sendiri.


TAGS pendidikan kisah sukses biografi tokoh


-

Author

Follow Me