GAYA MENARI JAIPONG DAN TARIAN BALI DALAM SEPAK BOLA

17 Mar 2010

images2

menjadi gaya seperti ini =

yy1
Pernahkah anda melihat peertandingan sepak bola?

Tentu jawabannya pernah !, (walaupun Cuma di iklan komersil saja ..hehehe)

Kemungkinan besar, 85 % laki-laki suka menonton pertandingan sepak bola local, nasional maupun internasional. Buktikan saja, setiap ada liga Campion bahkan piala Dunia tidak sedikit para laki-laki menyempatkan larut malamnya untuk menonton permainan bola satu direbut 22 orang itu (sepak bola). Bagi para ibu rumah tangga mohon dimaklumi hal tersebut bukan berarti sang suami lupa akan malam yang manis buat berduan tapi mungkin para suami lagi belajar cara mencetak bola yang benar..hehehhe
u1 menjadi seprti ini = y1

Permainan sepak bola yang mampu menyedot jutaan penonton itu selain para pemain yang di idolakan berhasil mencetak Gol, apa saja se yang menjadi daya tarik pertandingan sepak bola tersebut?

Profil pemainnyakah?

Cara menggiring bolanyakah?

Strategi yang dibangun Pelatihnyakah?

AtauCuma sang wasit yang bermain peluit?

Tidak ada yang terlewati hal itu semuanya, karena hal-hal tersebut sudah menjadi barang wajib daya tarik dan keistimewaan pertandingan sepak bola.

Tapi sepertinya ada hal yang mungkin dilupakan, Gaya ekspresi pemain setelah mencetak Gol. Seperti yang pernah kita ketahui gaya mereka yang terkadang lari-lari seakan-akan mengelilingi lapangan sepak bola dan terkadang rumput hijaunya bak salju untuk bermain Sky. Misalkan seperti gaya Mas Ronaldo, Mas becham, Mas Kaka, Mas Bambang Pamungkas.

Gaya-gaya mereka acapkali menjadi inspirasi dan kelatahan kita sendiri terhadap ekspresi kesuksesan yang baru saja kita raih. Misalkan ekspresi lulus ujian sekolah, menang bermain bulutangkis dan bahkan menang atas diterimanya oleh sang pujaan hatiheehe

Nah bagaimana jika para pemain kita yang khususnya ada di kesebelasan Persija, Persipura, PSIM bahkan TIMNAS. Gaya ekspresi mereka setelah mencetak Gol kita usulkan dan arahkan agar berbentuk tarian Jaipong atau Tarian Bali yang nota bene sudah tersohor di dunia internasional.dengan format dan mekanisme yang terkoordinir.

Misalkan : Mas bambang Pamungkas mencetak gol di Seagame, maka mas bambang tidak usah lari-lari mengelilingi lapangan cukup lari kepojok atau ketengah dan melakukan tarian jaipong atau tarian dari Bali, dan diikuti teman-teman kesebelasan menirukan gaya dibelakang mas bambang.

Bagaimana unik bukan !?, cukup unik !. selain itu kita dapat banyak manfaatnya dalam moment tersebut selain kekompakan terjaga dan musuh semakin bernyali CIUT. Seharusnya pihak management setiap kesebelasan harus menanamkan hal tersebut sesuai kebudayaan masing-masing daerah tanpa mengesampingkan hak ekspresi pribadi. Karena kita tahu sendiri Negara Indonesia adalah Negara penuh kebudayaan dan tidak ada salah dan maudhorotnya kebudayaa kita itu tercermin di sebuah moment yang mampu menyedot dan dilihat jutaan dan millyaran orang sedunia. Dan barang yang tidak asing lebih-lebih hal tersebut terpaten dan terealisasikan terutama di TIMNAS kita.

Maka hal tersebut akan menjadikan Negara kita Negara Indonesia dimata Dunia Internasional lebih bermartabat dan bebudaya.


TAGS adat budaya tarian daerah


-

Author

Follow Me